Burung Merak Biru

26 Feb 2015

Wikid: Common Merak Pavo cristatus atau Peacock India, yang merupakan nama ilmiah Pavo cristatus adalah salah satu dari tiga spesies burung merak. Biru bulu merak memiliki biru tua mengkilap. Laki-laki besar dewasa, panjang 230cm, dengan ekor yang sangat panjang sampul hijau metalik. Di bagian atas kepala berwarna biru tegak membentuk kipas. Wanita lebih kecil daripada laki-laki. Bulu tidak mengkilap, coklat kehijauan dengan garis-garis hitam dan tanpa bulu menghiasi sampul belakang. Burung muda, seperti perempuan.

Populasi merak biru tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan Bhutan. Spesies sebelumnya juga ditemukan di Bangladesh, namun sekarang mungkin tidak punah.

Pria merak adalah spesies poligami, memiliki lebih dari satu pasangan. Pada musim kawin, jantan memamerkan bulu ekor mereka di depan burung betina. Bulu ekor penutup dibuka untuk membentuk array mata dengan bintik-bintik biru. 05:57 Wanita biasanya menetaskan telur.

Pakan merak biru terdiri dari banyak butir rumput dan semak-semak, daun, berbagai serangga, serta berbagai jenis hewan kecil seperti cacing, laba-laba dan kadal kecil.

Biru merak adalah burung nasional India. Spesies ini juga memainkan peran penting dalam mitologi, Buddha, Hindu, dan budaya lainnya.

Merak biru dinilai berisiko rendah di IUCN Red List.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post